A. Hubungan dan
perbedaan antara pendidikan dengan teknologi pendidikan
Menurut UU
No. 20 tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
Teknologi pendidikan
adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar
dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan
sumber teknologi yang memadai.[1]
Istilah teknologi pendidikan sering dihubungkan dengan teori belajar dan pembelajaran.
Bila teori belajar dan pembelajaran mencakup proses dan sistem dalam belajar
dan pembelajaran, teknologi pendidikan mencakup sistem lain yang digunakan
dalam proses mengembangkan kemampuan manusia.
Berdasarkan definisi
tersebut maka pada prinsip dasarnya pendidikan dan teknologi pendidikan
memiliki keterkaitan atau hubungan yang sangat erat karena teknologi pendidikan
merupakan bagian dari sistem pendidikan yang dijalankan. Hal tersebut diketahui
bahwa teknologi pendidikan memiliki tujuan yang sama dengan tujuan pendidikan
nasional.
Perbedaan dari keduanya
adalah pendidikan membahas mengenai sebuah sistem yang dimaksudkan berawal dari
input pendidikan, proses serta output yang dihasilkan oleh sistem pendidikan
itu sendiri. Sedangkan, teknologi pendidikan merupakan bagian kecil dari sistem
pendidikan nasional.
B.
Hubungan dan perbedaan antara teknologi pendidikan dengan teknologi
pembelajaran.
Teknologi
pendidikan adalah Penelitian dan aplikasi terhadap ilmu perilaku dan teori
pembelajaran, dan penggunaan pendekatan sistem untuk menganalisis, mendesain,
mengembangkan, menerapkan, mengevaluasi, dan mengatur penggunaan teknologi
untuk membantu menyelesaikan masalah pembelajaran. Istilah teknologi
instruksional seringkali bertukar tempat dengan istilah teknologi pendidikan,
namun teknologi instruksional lebih menekankan pada pendekatan ilmiah dan
sistematis terhadap penyelesaian masalah instruksional, dan teknologi
pendidikan fokus kepada penggunaan dan pendayagunaan seni dan teknologi untuk
mendukung pembelajaran.
Commission on
Instruction Technology (CIT) 1970, Teknologi Pembelajaran merupakan usaha
sistematik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi keseluruhan proses
belajar untuk suatu tujuan khusus, serta didasarkan pada penelitian tentang
proses belajar dan komunikasi pada manusia yang menggunakan kombinasi sumber
manusia dan manusia agar belajar dapat berlangsung efektif.
Definisi keduanya telah
memberikan gambaran secara jelas bahwa keduanya memiliki sebuah hubungan yang
erat, karena kedua istilah ini merupakan bagian penting dalam sebuah
pendidikan, teknologi pendidikan digunakan untuk memberikan pengalaman belajar
yang baru bagi semua orang dan membantu orang untuk mendapatkan pendidikan baik
dalam formal maupun nonformal, dan teknologi pembelajaran pun memiliki
karakteristik yang serupa.
Perbedaan keduanya
terdapat pada substansi yang dilakukan, jika teknologi pendidikan cakupannya
sangat luas karena apa pun yang berhubungan dengan pendidikan akan dijadikan
sebagai bagian dari teknologi pendidikan sedangkan teknologi pembelajaran
cakupannya sedikit lebih sempit, karena lebih dominan dalam proses
pembelajaran, yang berarti ada dalam dunia pendidikan formal.
C. Hubungan dan Perbedaan antara teknologi pendidikan dengan teknologi dalam
pendidikan
Teknologi
pendidikan yang didefinisikan oleh Commission on
Instructional Technology tahun 1970 adalah Cara yang sistematis dalam
merancang, menerapkan, dan mengevaluasi seluruh proses kegiatan belajar
mengajar sesuai dengan tujuan yang spesifik, berdasarkan penelitian terhadap
pembelajaran dan komunikasi antar manusia, dan mendayagunakan kombinasi sumber
daya manusia dan non-manusia untuk lebih mengefektifkannya.
Teknologi
dalam pendidikan adalah semua alat atau fasilitas yang digunakan dalam proses
pendidikan yang dilakukan. Teknologi dalam pendidikan diartikan sebagai
mekanisme untuk mendistribusikan pesan, termasuk sistem pos, siaran radio dan
televisi, telepon, satelit dan jaringan komputer.
Berdasarkan
definisi tersebut sudah tentu keduanya memiliki hubungan yang erat, karena
teknologi pendidikan memberikan gambaran tentang sebuah sistem yang harus
dilakukan untuk membuat orang terdidik, dan untuk mencapai hal tersebut maka
dibutuhkan alat bantu sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai secara
optimal.
Perbedaan keduanya adalah jika teknologi pendidikan
menitikberatkan kepada sistem, prosedur, dan hal-hal teknis lainnya sedangkan
teknologi dalam pendidikan merupakan alat yang digunakan untuk melakukan
pendidikan.
0 comments:
Post a Comment