Tuesday, December 4, 2018

TEKNOLOGI PENDIDIKAN VS TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

A. Hubungan dan perbedaan antara pendidikan dengan teknologi pendidikan
Menurut UU No. 20 tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
Teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai.[1] Istilah teknologi pendidikan sering dihubungkan dengan teori belajar dan pembelajaran. Bila teori belajar dan pembelajaran mencakup proses dan sistem dalam belajar dan pembelajaran, teknologi pendidikan mencakup sistem lain yang digunakan dalam proses mengembangkan kemampuan manusia.
Berdasarkan definisi tersebut maka pada prinsip dasarnya pendidikan dan teknologi pendidikan memiliki keterkaitan atau hubungan yang sangat erat karena teknologi pendidikan merupakan bagian dari sistem pendidikan yang dijalankan. Hal tersebut diketahui bahwa teknologi pendidikan memiliki tujuan yang sama dengan tujuan pendidikan nasional.
Perbedaan dari keduanya adalah pendidikan membahas mengenai sebuah sistem yang dimaksudkan berawal dari input pendidikan, proses serta output yang dihasilkan oleh sistem pendidikan itu sendiri. Sedangkan, teknologi pendidikan merupakan bagian kecil dari sistem pendidikan nasional.
B. Hubungan dan perbedaan antara teknologi pendidikan dengan teknologi pembelajaran.
            Teknologi pendidikan adalah Penelitian dan aplikasi terhadap ilmu perilaku dan teori pembelajaran, dan penggunaan pendekatan sistem untuk menganalisis, mendesain, mengembangkan, menerapkan, mengevaluasi, dan mengatur penggunaan teknologi untuk membantu menyelesaikan masalah pembelajaran. Istilah teknologi instruksional seringkali bertukar tempat dengan istilah teknologi pendidikan, namun teknologi instruksional lebih menekankan pada pendekatan ilmiah dan sistematis terhadap penyelesaian masalah instruksional, dan teknologi pendidikan fokus kepada penggunaan dan pendayagunaan seni dan teknologi untuk mendukung pembelajaran.
Commission on Instruction Technology (CIT) 1970, Teknologi Pembelajaran merupakan usaha sistematik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar untuk suatu tujuan khusus, serta didasarkan pada penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia yang menggunakan kombinasi sumber manusia dan manusia agar belajar dapat berlangsung efektif.
Definisi keduanya telah memberikan gambaran secara jelas bahwa keduanya memiliki sebuah hubungan yang erat, karena kedua istilah ini merupakan bagian penting dalam sebuah pendidikan, teknologi pendidikan digunakan untuk memberikan pengalaman belajar yang baru bagi semua orang dan membantu orang untuk mendapatkan pendidikan baik dalam formal maupun nonformal, dan teknologi pembelajaran pun memiliki karakteristik yang serupa.
Perbedaan keduanya terdapat pada substansi yang dilakukan, jika teknologi pendidikan cakupannya sangat luas karena apa pun yang berhubungan dengan pendidikan akan dijadikan sebagai bagian dari teknologi pendidikan sedangkan teknologi pembelajaran cakupannya sedikit lebih sempit, karena lebih dominan dalam proses pembelajaran, yang berarti ada dalam dunia pendidikan formal.
 C. Hubungan dan Perbedaan antara teknologi pendidikan dengan teknologi dalam pendidikan
            Teknologi pendidikan yang didefinisikan oleh Commission on Instructional Technology tahun 1970 adalah Cara yang sistematis dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi seluruh proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan tujuan yang spesifik, berdasarkan penelitian terhadap pembelajaran dan komunikasi antar manusia, dan mendayagunakan kombinasi sumber daya manusia dan non-manusia untuk lebih mengefektifkannya.
            Teknologi dalam pendidikan adalah semua alat atau fasilitas yang digunakan dalam proses pendidikan yang dilakukan. Teknologi dalam pendidikan diartikan sebagai mekanisme untuk mendistribusikan pesan, termasuk sistem pos, siaran radio dan televisi, telepon, satelit dan jaringan komputer.
            Berdasarkan definisi tersebut sudah tentu keduanya memiliki hubungan yang erat, karena teknologi pendidikan memberikan gambaran tentang sebuah sistem yang harus dilakukan untuk membuat orang terdidik, dan untuk mencapai hal tersebut maka dibutuhkan alat bantu sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai secara optimal.
            Perbedaan keduanya adalah jika teknologi pendidikan menitikberatkan kepada sistem, prosedur, dan hal-hal teknis lainnya sedangkan teknologi dalam pendidikan merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pendidikan.

0 comments:

Post a Comment